Persiapan Membuat Aplikasi dengan Project Siena

Standard

Sebelumnya saya akan menjelaskan dahulu kenapa saya membuat UNDIP App, saya seorang yang cukup senang dengan seluk beluk UNDIP, tahun lalu saya membuat semacam slide powerpoint tentang UNDIP yang dibagikan ke temen saya yang ingin melakukan promosi ke adek kelas di SMA daerahnya, kan biasanya ada tuh presentasi Perguruan Tinggi dari kakak-kakak kelas yang sudah lulus duluan. Nah dari situ saya berfikir kenapa saya tidak membuat aplikasi nya saja ya, jadikan lebih enak dan lebih keren, kalau Perguruan Tinggi lain masih pake powerpoint ataupun flash, kita sudah pakai aplikasi, lebih keren kan dan secara gak langsung bisa jadi promosi jurusan saya juga, Sistem Komputer. Hehe

Nah sekarang saya mau jelasin cara bikinnya, sesuai postingan blog sebelumnya, saya akan menggunakan aplikasi baru dari Microsoft yaitu Project Siena, nah alat dan bahannya antara lain :

–          Komputer yang sudah terinstal Windows 8.1 ( Windows 8 belum bisa sampai tulisan ini dibuat)

Windows-8-1

–          Instal Microsoft Project Siena via Windows Store

Microsoft-Project-Siena-708x404

–          Microsoft Office 2013 (lhoh kok ada ini, nanti lihat sendiri deh fungsinya)

office-2013-logo

–          Logo – Logo dengan format .PNG ( bisa bikin sendiri sih, tapi kalau ada yang sudah jadi tinggal unduh kan lebih cepat tidak makan banyak waktu )

metro ui icon set

–          Kreatifitas dan Jiwa Seni (buat mix and match sebuah desain itu cukup sulit lho)

creativity1

–          Makanan dan Minuman secukupnya (biar gak kelaperan dan dehidrasi)

jajan

–          XBOX Music (biar gak boring lebih baik sambil dengerin musik)

Screenshot (80)

Oke kalau ke semua aspek sudah terpenuhi sekarang carilah tempat dan lokasi yang pewe, instal si Project Siena nya, kalau sudah selesai instal tinggal buka aja, ntar kan bakal muncul splash screen Ungu dengan Logo petir (kayak diatas itu) dan muncul layar kerja seperti ini:

Screenshot (82)

Nah kalau udah begitu, bisa kita corat-coret. Dalam membuat aplikasi ini saya akan bagi menjadi 8 artikel ringan, ini pembagiannya :

  1. Membuat Background dari Microsoft Power Point
  2. Membuat Menu, Tombol, dan, Teks
  3. Mengolah Screen
  4. Membuat Data Tabel dari Microsoft Excel
  5. Membuat Galeri Teks dan Galeri Gambar 
  6. Membuat RSS feeds
  7. Memasukan Lagu dan Video
  8. Publishing Aplikasi

Karena sudah terlalu panjang maka untuk tutorial pertama nya akan dibahas di tulisan saya selanjutnya saja ya.

Leave a Reply

