Microsoft Developer Conference 2012 : Windows 8 Hackathon

Standard

Image

gambar pamflet event nya nih

kemarin saya habis ngikutin acara Microsoft Developer Conference 2012 : Windows 8 Hackathon yang diadakan oleh Microsoft di Jogjakarta. berangkat bersama ke 3 teman saya menuju Jogja jam 5 pagi dan sampe sana jam setengah 10, habis registrasi langsung masuk dan acara di mulai. tadinya pengen cerita banyak tapi nemu artikel yang hampir mirip sama yang akan saya tulis,  jadinya saya ngopy dari sini dan sini dengan sedikit editan dari saya.

Sebanyak 1.027 Developer aplikasi lewat kalangan akademisi, praktisi IT start up, freelancer, mahasiswa & developer mengikuti acara Microsoft Developer Conference 2012: Windows 8 Hackathon. Para developer ini mengikuti event tersebut guna mendalami teknik pemograman aplikasi di atas platform terbaru, Windows 8. Pelatihan dengan jumlah peserta terbanyak ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) yang berlangsung 24 jam nonstop di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta di 16 sampai dengan 17 Mei 2012. Konferensi ini dihadiri pembicara kunci lewat Microsoft Corporation, Redmond, USA. “Konferensi ini ialah suatu kesempatan yang sangat bagus & langka bagi developer (pengembang) aplikasi Indonesia,” ujar Farid Zulkarnain, EVP Business Development Navcore Nextology selaku mitra Microsoft Indonesia & mewakili penyelenggara konferensi, melalui keterangan resminya. Hal ini nggak lepas dari kehadiran :

  • Walid Abu-Habda, Vice President, Developer and Platform Group, Microsoft Corporation
  • Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia
  • Said Zahedani, PhD, General Manager, Developer and Platform Group, Microsoft Asia Pacific
  • Herman Widjaja, Senior Software Test Lead Microsoft Corporation
  • Risman Adnan, Director Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia
  • Herman Widjaja, Senior Test Lead, Microsoft Corporation
  • Norman Sasono, Technical Evangelist, Microsoft Indonesia
  • Irving Hutagalung, Technical Evangelist, Microsoft Indonesia
  • Darmawan Suandi, Technical Evangelist, Microsoft Indonesia
  • Julius Fenata, Technical Evangelist, Microsoft Indonesia
  • Wirawan Winarto, Developer Tools Specialist, Microsoft Indonesia
  • Umi Fadillah, UX Specialist, Microsoft Indonesia
  • Dr. Ridi Ferdiana, Microsoft Innovation Center Lead, UGM
  • Erick Kurniawan, Microsoft Valuable Professional, UKDW
  • Puja Pramudya, Microsoft Valuable Professional, ITB

Menurut Farid, kesediaan para pembicara kunci tersebut berbicara dalam konferensi ini ialah peluang bagus untuk menajamkan wawasan para developer Indonesia dalam mengembangan aplikasi Windows 8 di pasar global. “Pasar aplikasi Windows 8 sangat besar & terbuka lebar baik domestik maupun global, namun sayang sekali bila nggak dimanfaatkan secara maksimal,”

Dalam event ini, peserta nggak sekadar diajarkan teknik-teknik pengembangan aplikasi Metro di Windows 8, namun juga membuat aplikasi secara sendiri-sendiri maupun berkelompok untuk dikompetisikan. Peserta kami dorong menghasilkan Metro Style App terbaik,” katanya. Aplikasi hasil rancangan peserta diharapkan bisa menembus pasar yang berakibat mempunyai nilai ekonomis bagi pembuatnya. Menurut Ditto, aplikasi Metro Style di Windows 8 yang ditujukan untuk pengguna device berbasis sentuh seperti slate & tablet sangat membantu developer dalam membuat aplikasi maupun game. Dengan dukungan fitur-fitur terbaru dalam Windows 8, nggak dibutuhkan kemampuan yang sangat tinggi untuk menghasilkan aplikasi yang berkualitas. “Jadi Windows 8 sangat cocok juga untuk developer pemula sekalipun,” pungkasnya.

Beberapa hal penting yang disampaikan oleh Pak Walid. Di awal ceramahnya, beliau mengemukakan ada 4 hal yang sekarang menjadi trend dan perkembangannya sangat pesat yaitu

(1) cloud computing

(2) touch interface

(3) social media

(4) bussiness model di IT bussiness

Keempat hal inilah yang juga melatar belakangi adanya Windows 8. Operating system ini digunakan untuk mengikuti zaman, jika dibanding dengan Windows 7 kemarin yang lebih ke arah komputasi tradisional.

Windows 8 diciptakan dengan komputasi yang lebih efisien dan beliau mengklaim OS ini akan menjadi best economic model karena mendukung developer bisa menjual aplikasinya melalui Windows Store. Windows Store inilah yang menjadi cikal bakal adanya event Hackathon ini, mengenalkan adanya dan bagaimana menciptakan aplikasi yang bisa dijual di Windows Store.

Tiga prinsip lain yang mendukung komputasi masa depan adalah connected device, cloud service dan interop and openness. Untuk itulah Pak Walid juga berpesan bahwa all to do is make great applications, cukup berfokus pada aplikasi, tidak pada infrastruktur lagi.

“Microsoft has created the future” he said

Tidak hanya masalah teknis. Banyak hal menginspirasi keluar dari kata-kata seorang Mr Walid ketika sesi tanya jawab berlangsung. Seperti ketika ditanya bagaimana cara mengembangkan aplikasi agar menjadi baik. Beliau kemudian berpesan banyak, diawali dengan statement bawasannya aplikasi pertama yang kita buat pasti tidak baik, begitu yang kedua, dan ketiga, mulai lebih baik. dan orang-orang yang kerja di Microsoft itu kebanyakan orang yang punya riwayat kegagalan terbanyak. hehehe

“You must work together as a team. Jangan pernah takut gagal. If you quit, you will never achieve. You never learn from succeed, you learn from failure.”

Kemudian yang menarik lagi adalah ketika peserta bertanya bagaimana caranya agar menjadi seperti dia.

“I am old, you want to be old?”

dan seluruh gedung kemudian tertawa oleh joke yang dilemparkan seorang petinggi developer yang sangat ramah ini.

“You are young, I want to be like you! Just stay young and dream big, dream in an infinite scale. Jangan dengarkan orang-orang tua (old people) yang bilang bahwa kamu gak bisa. Kamu harus buktiin bahwa kamu bisa”

Kalimat terakhir juga berhubungan dengan tips Pak Walid untuk tidak bekerja dulu setelah setahun kuliah. Gaet teman, buat aplikasi, jual ke Market/Store dan setelah itu baru tentukan apakah kamu akan bekerja atau tetap independen. Mungkin, tidak banyak orang tua yang bisa memahami hal ini karena zamannya berbeda. Pak Walid sampai menawarkan diri untuk ngomong ke orang tua kita kalau gak dibolehin libur setahun. hehe

Di akhir seluruh pesan supernya, beliau berpesan lagi untuk terus dream big.

“If you dream small, If you achieve, you will be small forever. But if you dream big, if you achieve, you are big already”

Sesi kemudian ditutup dengan penyerahan rekor MURI. Acara ini sukses mendatangkan 1027 developer dari target 1000 developer dan kini sah menjadi rekor MURI. oh iya di setiap sesi selalu ada kuis dan dapat doorprize menarik yang dibagikan lho.

Sesi malam adalah sesi yang ditunggu-tunggu. Setelah pengarahan dari Bapak Irving, para developer siap developing aplikasi masing-masing dan  para co-trainer siap membantu kesulitan para developer. di iringi musik dari co trainer, peserta dan kak shena suasana jadi semakin meriah .

Selain sesi coding, juga ada semacam success story dari Presiden Director Microsoft, bapak Andreas Diantoro yang dari dulu sudah malang melintang menjadi Manager dan CEO perusahaan. beliau merupakan orang yang saya idolakan dan menjadikan inspirasi saya , pesan beliau nih

“Dalam membentuk tim, kesalahan yang sering terjadi adalah mencari orang yang mirip seperti kalian. Itu salah besar, carilah orang yang bisa menutupi kekurangan kalian, bukan yang seperti kalian. Dengan demikian ada yang mengingatkan jika kamu melakukan kesalahan”

Selain itu juga ada Talk Show dari para trainer. Malam semakin larut, banyak yang kemudian tumbang entah itu tidur maupun maen game, termasuk saya juga sempat tumbang dua jam dengan pergi ke masjid depan hotel bareng anggi jam 3 pagi dan balik lagi jam 5 habis shalat subuh.hehe

Keesokan harinya menjadi saat yang lebih ditunggu-tunggu lagi. Pengumpulan aplikasi dilakukan pukul setengah 7 pagi, untuk kemudian diseleksi menjadi aplikasi terbaik. Ada hal yang menarik sebelum pengumuman yaitu terjadinya *perbincangan hangat* melalui Twitter yang dilakukan oleh para peserta.twitter mereka akan diatmpilkan di Big screen di depan ,jadi bisa baca semuanya. Dasarnya developer yang have no life mungkin ya jadi ngobrolnya lewat dunia maya .haha. Saking hangatnya, #MDCjogja sempat masuk Trending Topic di Indonesia, gila hanya dengan manusia seruangan yang besar ini bisa jadi Trending Topic ,dan yang paling menarik ada perbincangan lain yaitu soal kerudung merah , sarkem, dan antri toilet. haha gokil pengen ngakak terus pokoknya.

Pemenangnya akhirnya di umumkan, klik disini untuk lebih tahu siapa aja yang menang dan ada videonya juga klik disini saja, yah walaupun kalah tapi tetap senang bisa ikut acara ini, sangat banyak manfaatnya, dan semakin mantap untuk bisa bergabung dengan Microsoft Corporation . amin🙂

Berikut adalah foto-foto acara Microsoft Developer Conference 2012 di Sheraton Mustika Ballroom Yogyakarta

Image

iseng foto habis shalat magrib

Image

cocard sebagai peserta

suasana 1027 developer kumpul 

habis event dapet sertifikat 

Image

bareng Pak Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia

“Pak Andre ini orangnya sangat ramah, sebelumnya saya sudah twitteran sama beliau agar Microsoft kerjasama dengan jurusan saya di Sistem Komputer UNDIP. setelah acara ini pun saya mention Pak Andre agar bisa ketemu lagi di UNDIP, dan beliau menantang jika saya kumpulkan 1000 orang beliau akan datang ke UNDIP. oke pak saya terima tantangan Bapak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s