Apa sih Microsoft Project Siena ?

Standard

Hai, ada yang sudah tahu apa itu Microsoft Project Siena ? kalau belum tahu wajar saja sih, karena Aplikasi yang berlogo “petir” ini baru rilis satu minggu yang lalu tepatnya tanggal 20 Desember 2013 oleh Microsoft. Ya, Microsoft, sebuah perusahaan IT terbesar di Dunia. Microsoft membuat Project Siena untuk memudahkan seorang pemula (seperti saya) untuk membangun sebuah Aplikasi yang berbasis Metro Environment eh maksudnya Modern Environment di Windows 8 atau 8.1, sekarang sudah gak boleh nyebut Metro ya karena ada sengketa paten lah antara Microsoft dengan salah satu perusahaan dan akhirnya Microsoft kalah. Eh malah bahasannya melenceng, balik lagi ke Project Siena. Project Siena ini sangat mudah dan ringan dari aplikasi sejenis atau kakaknya si Visual Studio. Aplikasi ini hanya sebesar 3,4 MB. Tidak kalian tidak salah baca, memang benar Tiga Koma Empat EmBe lho, dan Aplikasi ini sangat mudah karena tinggal drag drop masukin gambar, masukin teks, masukin fungsi, masukin tombol ke dalam layar yang sudah disediakan. Dan voila aplikasi nya jadi. Itu gambaran singkatnya sih. Hehe. Ada opsi preview nya juga lho jadi kita bisa lihat jalannya aplikasi sebelum di install dan saat  dipublish outputnya sudah dalam bentuk file instaler, jadi tinggal jalanin di komputer kita atau kirim installer nya ke teman lain yang ingin mencoba aplikasi kita. Jadi tidak perlu lewat Windows Store. Dengan catatan memiliki license Microsoft Developer. Saya hanya butuh waktu sehari untuk mengexplore fungsi dari Project Siena ini, dan saya cukup takjub. Karena saya lebih senang di bagian User Interface Experience daripada mendevelop sebuah aplikasi (baca: kurang bisa coding) , maka Project Siena ini lah jalan keluar saya. Ya walaupun belum semua fungsi saya tahu, karena tutorial yang masih sedikit di web resmi yang berbahasa inggris ini (kurang ngerti sama bahasa inggris sih sebenernya). Jadi masih fungsi dasar nya saja, tapi dengan fungsi dasar ini saya mencoba membuat sebuah aplikasi. Setelah saya berfikir-fikir cukup panjang kali lebar, saya akan membuat Aplikasi tentang Universitas saya belajar yaitu Universitas Diponegoro, saya akan membuat namanya UNDIP App (sejauh ini namanya masih ini). Nanti di tulisan saya selanjutnya saya bakal ngasih tahu tutorial pembuatan Aplikasi saya ini kok, jadi kita disini bisa sama-sama belajar dengan Project Siena. Project Siena dibangun menggunakan HTML5 dan JavaScript, namun dapat diperluas menggunakan programming tool lainnya. Oh iya selama nyoba aplikasi ini kadang aplikasinya ngeclose sendiri saat kita pindah Aplikasi (buka desktop misalnya), untuk mengakalinya saya tidak lama-lama meninggalkan Project Siena, kalau mau buka aplikasi lain jangan lebih dari 5 menit dan sering-sering Save projek nya, ya mungkin karena masih versi BETA jadi masih ada sedikit bug, tapi saya yakin kedepannya Microsoft bakal memperbaiki bug-bug yang ada. Oh iya kalau mau download Aplikasi Project Siena langsung search aja di Windows Store. Atau bisa klik link ini

Screenshot (78)

Update : menurut temen saya “Project Siena hanya berjalan di Windows 8.1, Windows 8 belum bisa. Sebenernya di halaman storenya gak ada tulisan “not compatible” alias bisa didownload & diinstall, tapi pas dibuka gak bisa (habis splash screen langsung balik ke start screen). info from Odi. thanks :)

2 thoughts on “Apa sih Microsoft Project Siena ?

Leave a Reply

