Privacy Policy

Standard

This application does not share personal information with third parties nor does it store any information about you. This privacy policy is subject to change without notice and was last updated on April 22nd, 2014.  If you have any questions feel free to contact me directly at dwimahesaputra@live.com

Progdi Sistem Komputer Fakultas Teknik UNDIP peroleh Akreditasi pertama “B” lho

Standard

Akhirnya Akreditasi untuk Jurusan saya keluar juga setelah penantian yang cukup panjang, ini beritanya langsung baca saja ya dari web Sistem Komputer UNDIP :

Program Studi Sistem Komputer Undip yang baru didirikan Tahun 2008 memperoleh akreditasi “B”  (Baik) dari BAN-PT. SK BAN PT Nomor : 252/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/2013  Tertanggal 21 Desember 2013. Kerja keras dan perjuangan seluruh civitas akademika Sistem Komputer Undip dalam penyusunan borang akreditasi telah dinilai. Akreditasi Tahun 2013 ini adalah yang pertama sejak Program Studi Sistem Komputer Undip menerima mahasiswa pertama Tahun 2008.

SK Akreditasi BAN PT ini sudah ditunggu oleh para Alumni Sistem Komputer Undip. Salah satu alumni yang sangat membutuhkan (Agustinus Bimo Ananto Pamungkas angkatan 2008) yang saat ini sudah diterima sebagai CPNS (Pranata Komputer) di Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia harus melampirkan SK akreditasi program studi ini untuk melengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan untuk pemberkasan cpns paling lambat Jumat 10 Januari 2013, sedangkan SK Akreditasi diterima Program Studi Hari ini Rabu / 8 Januari 2013 via fax di Kantor Dekanat Fakultas Teknik Undip.

Tak lupa Program Studi Sistem Komputer Undip mengucapkan terima kasih kepada para Asesor :

  1. Joko Lianto  Buliali, Prof.,Dr., Ir., M.Sc. – ITS
  2. Iman Herwidiana Kartowisastro, Dr.,PhD

Beliau berdua  telah memberikan masukan masukan yang berharga, temuan, koreksi dan saran untuk kemajuan Program Studi Sistem Komputer Undip pada saat visitasi Awal Juli 2013.

Akreditasi Sistem Komputer ini akan menambah semangat civitas akademika untuk meningkatkan layanan pendidikan, kualitas penelitian dan semakin menambah jumlah penyebaran/ diseminasi hasil penelitian kepada masyarakat.

Unduh Dokumen :

SK BAN PT Nomor : 252/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/2013  Tertanggal 21 Desember 2013

Publishing Aplikasi “Universitas Diponegoro”

Standard

yeeeaaaa akhirnya tahap akhir sudah tiba, oh iya nama akhir Aplikasi ini yaitu “Universitas Diponegoro” kenapa saya memilih nama ini, karena nama ini yang paling pas daripada UNDIP App atau about UNDIP, ini atas dasar saran dari temen-temen juga sih, jadikan nama Universitas Diponegoro makin terkenal. hehe

tahap ini kita akan melakukan publishing aplikasi, bisa dengan 2 pilihan, di instal langsung di laptop atau mau di publish ke Store dengan bantuan Aplikasi Visual Studio 2012.

untuk pilihan yang pertama caranya buka Project Siena dan pilih File kemudian pilih Publish

Screenshot (170)kemudian ada pilihan menambah ikon aplikasi, masukan logo (saran ukuran 245px X 245px format PNG), kita juga bisa memilih warna background logo nya nanti. kalau sudah klik Publish dan selesai.

Screenshot (189)kemudian buka file hasil Publish tadi,pilih instal on this PC, tunggu sampe selesai proses instalasinya. sebenernya ada pilihan satunya lagi untuk sharing Aplikasi ke temen, tetapi ini bukan via Store, hanya via offline.Screenshot (206)

dan sekarang Aplikasi Universitas Diponegoro sudah berhasil terinstal di PC kita :)

Screenshot (184)

dan kemudian bagaimana biar aplikasi kita bisa masuk ke Store? mengingat Project Siena tidak memiliki pilihan Publish ke Windows Store, nah setelah ngeBing, akhirnya tau caranya dari website ini , tinggal download file ini, ekstrak ke dalam sub folder PublishedPackage\NamaAplikasimu . Accept ketika meminta ijin untuk menimpa file. dan kemudian jalankan file ProduceAppForStore.cmd , dan ini akan membawa Aplikasi kita terbuka di Visual Studio 2012. kalau sudah sekarang lakukan Publishing Apilkasi ke Store seperti biasa, pilih Store -> Create App Package, oh iya sebelumnya saya sudah Reserve App Name dahulu.

Screenshot (200)Karena saya tidak memiliki developer akun, maka Aplikasi yang saya submit ini saya titipkan melalui MSP Indonesia. dari Reserve App Name pun dari MSP Indonesia. Jadi mereka yang akan membantu submit aplikasi saya ini. Nanti deh kalau sudah punya akun developer saya jelasin lagi cara submit aplikasi sampai bisa tampil ke Windows Store, kalau tidak sabar di website yang tadi saya sebutin diatas ada caranya kok, tapi dengan bahasa inggris, atau ngeBing lagi aja, siapa tahu dapet yang bahasa indonesia :D

sekian Tutorial pembuatan Aplikasi Universitas Diponegoro, terimakasih @MABA_UNDIP yang telah membantu mengumpulkan artikel tentang UNDIP, so enjoy it

Screenshot (185)

Memasukkan Video dan Lagu kedalam Project Siena

Standard

memasukaan video dan lagu disini bukan membuat background music lho, jadi disini kita semacam memasukkan player video atau music dimana file yang diputar sudah ditentukan. mari langsung cekidot saja deh. Buka Project Siena dan pilih Video Player di menu kanan

Screenshot (137)kemudian pilih tombol media dibagian bawah terus Add Media, cari file video yang akan dimasukkan, oh iya file video harus berformat .wmv ya biar bisa kebaca, kalau masih berformat lainnya bisa dikonversi dulu

Screenshot (139)dan video sudah berhasil dimasukan, kalian bisa melakukan play ,pause, atau stop di sini

Screenshot (143)

Screenshot (144)nah selanjutnya bagaimana cara memasukan musik ? caranya sama persis sama memasukan video cuman yang dipilih adalah Audio Player, dan ini contoh hasilnya, yang sudah dikasi teks lagu biar makin kece tampilannya.

Screenshot (157)

Membuat RSS Feeds di Project Siena

Standard

Sudah tahu belum RSS Feeds itu apa? RSS Feeds itu semacam pengambil berita pada suatu website, nah kebetulan website Universitas Diponegoro sudah bisa mendukung RSS Feeds jadinya bisa saya buat sekalian di Project Siena, jadi nanti kita dapat tetap update berita dari universitas tanpa harus ke website nya.

cara buatnya cukup gampang, konsepnya sama dengan membuat Galeri Teks, cuman data yang diambil bukan dari Excel tetapi dari RSS Feeds. nah langsung saja buka Project Siena dan pilih Text Galery (yang posisi portrait aja biar beda sama Text Galery sebelumnya kan sudah mendatar), disini kita atur posisi teks nya dan bisa diganti nama buat mengingat.

Screenshot (153)kalau sudah sekarang tinggal menambahkan RSS feed nya, sama seperti excel kok, cuman pilih yang RSS Feeds, masukan link RSS Feeds nya kemudian Import Data

Screenshot (148)sekarang tinggal memasukan source data RSS feeds ke dalam Galeri Teks nya, pilih Data Source nya, disini namanya rss_1 , dan bakal tampil seperti ini

Screenshot (155)dan kalau belum pas antara label dan isi, kalian bisa edit seperti yang ada di pojok kiri bawah itu, kemudian bisa juga diatur warna, background warna, ukuran antara teks judul dan isi, dan kalau sudah hasilnya kurang lebih seperti ini. mudah kan :)

Screenshot (145)

Membuat Galeri Teks dan Galeri Gambar dengan Project Siena

Standard

Kembali lagi bersama saya, sebelumnya Saya Ucapkan Selamat Tahun Baru 2014, semoga di Tahun ini kita selalu diberi kesehatan dan keberkahan. Amin :)

sekarang kita bakal ngebahas cara bikin galeri teks dan galeri gambar, kenapa disebut dengan galeri ? karena tampilannya nanti bakal seperti galeri yang dapat digeser ke kanan kiri dengan sistem pivot gitu. sistem pivot intinya background gak ikut gerak, sedangkan ada satu lagi sistem yang dipake di windows 8 namanya sistem panorama, kalau ini backgroundnya ikut bergerak menyesuaikan arah gerakan tangan kita. ya intinya seperti itu saja sih.

oke sekarang buka Project Siena nya, nah kalau sudah pilih galeri yang sebelah kanan, nanti bakal banyak pilihan pilih yang Text Galery

Screenshot (125)kemudian saatnya memasukan data excel nya kedalam nya, caranya klik item disebelah pojok kiri bawah, kalau data belum ada pilih Add Data SourceScreenshot (128)klik tanda plus di pojok kanan atas, tambahkan file excel yang sudah dibuat kemarin, dan klik open

Screenshot (130)maka akan muncul data baru di Source Data

Screenshot (132)nah kalau sudah punya Data Source , tinggal “memanggil” nya ke form galeri teks, klik tombol Items kemudian pilih nama Data Source nya, disini namanya Table1.

Screenshot (133)dan bakal langsung terimport data-datanya. keren kan :)

Screenshot (134)

nah sekarang gimana cara nya kalau yang Galeri Gambar ? caranya sama persis kok, cuman nanti Galery yang dipilih saat awal bukan yang Text Galery tetapi Image Galery, disini saya memlilih yang Image Galey with Caption, karena biar ada keterangan gambar nya, kemudian Add Data Sourcel file Excel yang sudah disiapkan, file ini berisi tabel link gambar (baca tulisan saya sebelumnya biar jelas). nah sama persis kan, nanti hasil akhirnya seperti ini

Screenshot (136)

Membuat Data Tabel dari Microsoft Excel

Standard

membuat data tabel ? buat apa sih ini kok pake ini segala. mungkin kayak orang awam seperti saya bikin tabel itu gak penting, tapi jangan salah bikin tabel ini bermanfaat buat nanti kita buat galeri gambar atapun teks (akan dijelasin di tulisan selanjutnya), jadi ini tuh semacam database nya gitu lah. semua data disimpen disini, nah agar Project Siena bisa membaca isi databse nya maka format Microsoft Excel yang dibuat bukan yang sembarangan, harus diubah dulu ke dalam format tabel. kata kuncinya CTRL+A dan CTRL+T = SELESAI. hehe

jadi buka dulu Microsoft Excel nya, kemudian bikin daftar buat tabel, disini saya mau jelasin cara bikin tabel untuk galeri gambar, jadi itu daftar gambar fakultas itu adalah link gambar di dalem komputer kita, oh iya gambar harus berada di folder public pictures ya biar bisa diakses nantinya, lihat ini aja deh langsung

Capture2

 

nah kalau sudah blok semua nya dari A1-B11 , kalau sudah terblok pencet tombol CTRL+T dan akan muncul seperti ini, jangan lupa dicentang “my Table has headers”

Capture3kemudian setelah di klik OK, jadi deh tabel nya

Capture4dan gimana kalau tabel untuk galeri teks? sama saja kok ,cuman kita gak perlu nyantumin link apapun, kalau teks bisa langsung ditulis kan :)